MasukDaftarHalaman Saya
Kisah Ayah Bunda
5 Cara Mengendalikan Perasaan Ibu
Komentar 3
Dibaca 4914
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Anakku adalah anak yang terlucu di seluruh dunia! Tetapi, semakin menggemaskan anak, banyak juga kesulitan dalam mengasuhnya. Saat Ibu merasa kesulitan dan lelah, kontrollah perasaan Anda dengan cara berikut ini.

1. Saat Anda merasa lelah mengasuh anak, cobalah bermeditasi

Cara yang tepat untuk mengontrol perasaan yang kusut yaitu dengan bermeditasi. Duduklah dengan tenang, tutuplah mata, dan ambillah napas yang dalam.

Tenangkan amarah dan rasa kesal yang meluap, lalu bayangkanlah apa esensi dari kebahagiaan Anda.

Saat Anda menemukan perasaan yang mengungkapkan esensi kebahagiaan, maka Anda dapat melihat anak Anda apa adanya.

2. Janganlah terlalu memikirkan masa lalu dan masa depan, lihatlah masa sekarang

Para ibu yang merasa lelah dalam mengasuh anak pasti pernah merindukan masa-masa sebelum melahirkan dan kebebasan sebelum menikah dulu. Anda memiliki harapan mengenai masa depan anak, tetapi hati Anda terganggu dengan kehidupan sekarang ini saat membayangkan sosok keluarga Anda di masa depan.

Tetapi, jika Anda terlalu memikirkan masa lalu, masa depan di masa sekarang ini, tidak akan ada perubahan. Namun, seberapa Anda menghargai nilai-nilai kehidupan di masa sekarang dapat mengubah masa depan Anda.

Coba pikirkanlah cara-cara untuk membahagiakan diri Anda di waktu sekarang ini.

3. Hargai nilai-nilai di dalam kehidupan Anda

Sambil membayangkan kebahagiaan dan kesulitan, kita sering cemburu dengan kehidupan orang lain. Tetapi, tidak ada ibu yang tidak pernah melewati kehidupan yang sulit.

Semua ibu merasakan sulitnya membesarkan anak. Janganlah menitikberatkan pada kesulitan mengasuh anak, sebaiknya hargailah nilai-nilai di dalam kehidupan Anda sendiri.

Saat Anda menghargai nilai-nilai kehidupan Anda, Anda akan menemukan kehidupan yang lebih membahagiakan.

4. Lakukan hobi yang menyenangkan untuk Anda sendiri

Lakukan kegiatan hobi yang menyenangkan walaupun kegiatan yang sepele. Pengasuhan yang melelahkan terkadang dapat merendahkan kepercayaan diri dan membuat ibu bersedih.

Oleh karena itu, lakukan kegiatan hobi yang Anda sukai. Hobi dapat mengurangi stres dan juga dapat meningkatkan harga diri ibu.

Ingatlah bahwa harga diri anak berkembang bersama dengan harga diri ibu!

5. Dengarkan musik yang dapat merangsang perasaan Anda

Musik dapat merangsang perasaan hati seseorang dan memiliki energi ajaib yang terkadang membuat nyaman, terkadang memberikan semangat kepada kita. Saat stres dalam pengasuhan anak sedang menumpuk, luangkanlah waktu untuk mendengarkan musik yang Anda sukai yang dapat membuat perasaan hati Anda lebih nyaman.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.

mamaminshalebih dari setahun yang lalu
keliatannya teori aja, tapi nyatanya bener2 bantu

AsniRichlebih dari setahun yang lalu
Thankyou🧡

TriiHandayaniilebih dari setahun yang lalu
Thank you so much
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?