MasukDaftarHalaman Saya
Kisah Ayah Bunda
Orangtua Juga Membutuhkan Waktu Untuk Relaksasi
Komentar 3
Dibaca 2584
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Sambil membesarkan anak, ayah dan ibu juga membutuhkan waktu relaksasi sendiri. Supaya Anda dapat aktif mengajak anak bermain, perlu dukungan dari tenaga dan kesehatan mental.

Setiap Anda melakukan tugas rumah, bekerja, merawat dan bermain bersama anak sampai menidurkan anak di malam hari, dan aktivitas-aktivitas ini terus berulang setiap hari hingga Anda jenuh dan kehabisan tenaga.

Dengan meluangkan waktu 'me time', bukan saja orangtua yang akan mendapat manfaatnya. Dengan melepaskan kepenatan Anda sejenak, Anda akan berada dalam kondisi yang lebih prima dan dapat lebih mengasuh anak dengan baik. Anda juga dapat menyalurkan energi positif ini kepada anak juga.

Temukan keseimbangan di antara ‘Aku’ sebelum menjadi orangtua dengan ‘Pengasuhan” setelah memiliki anak. Prinsip ini dapat membantu membangun keluarga yang sehat dan bahagia.

Membuat daftar relaksasi untuk orangtua

1. Luangkan waktu spesial suami istri

Tentukanlah waktu seminggu sekali atau sebulan sekali khusus untuk dihabiskan bersama pasangan Anda. Jika ada orang yang dapat membantu menjaga si kecil, setidaknya luangkan waktu seperempat hari untuk dilewati bersama pasangan Anda.

Bisa dengan menikmati makanan yang lezat atau pergi nonton di bioskop seperti saat masa pacaran. Waktu seperti ini dapat lebih mempererat hubungan suami dan istri, serta energi yang hangat itu dapat menjadi sumber terbentuknya hubungan harmonis di dalam keluarga.

2. Temukan satu jenis hobi

Jika Anda tidak memiliki waktu luang yang banyak, cobalah kegiatan hobi yang tidak menghabiskan tenaga yang banyak dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat.

Lakukan aktivitas hobi secara bergantian di saat pasangan Anda menjaga si kecil. Melalui percakapan suami istri, hargailah waktu hobi masing-masing dan saling memberikan dukungan. Dengan begitu, Anda dan pasangan dapat mengendalikan stres masing-masing dan hubungan keluarga akan lebih harmonis.

3. Aturlah kebiasaan hidup yang sehat

Orang-orang yang memiliki hati dan tubuh yang sehat memiliki efektifitas kerja yang tinggi dan juga kualitas pengasuhan anak yang tinggi pula. Sebisa mungkin, istirahatkan tubuh Anda yang cukup dan konsumsi makanan-makanan sehat.

Ayah dan ibu harus bisa menjaga kebiasaan hidup yang sehat, maka anak juga dapat menyerap kebiasaan ini dan tumbuh menjadi anak yang sehat.

4. Berkumpullah bersama teman-teman

Stres pada pengasuhan yang menumpuk suatu saat dapat meledak. Baik ibu, anak, orang tua, semuanya membutuhkan waktu untuk mengatasi stres. Cobalah cara dengan berkumpul atau reuni bersama teman-teman. Menikmati makanan yang lezat dan berbincang-bincang bersama teman-teman Anda dapat menjadi waktu yang baik untuk mengurangi stres Anda.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.

rintintinlebih dari setahun yang lalu
setuju banget

Murapilebih dari 2 tahun yang lalu
Terimakasih🙏

Cucum7 bulan yang lalu
Related
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?