MasukDaftarHalaman Saya
Pengasuhan Anak
Pentingnya Mengajarkan Tanggung Jawab dan Kemandirian kepada Si Kecil yang Kini Semakin Besar
Dibaca 947
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Inilah cara-cara untuk membangun kemandirian dan jiwa bertanggung jawab pada buah hati Anda.

Jika Anda mengharapkan si kecil dapat melakukan kewajibannya sendiri, maka Anda perlu melatih si kecil kemandirian dan mengajarkan cara bertanggung jawab.

Si kecil yang sebelumnya selalu membutuhkan bantuan dari ayah dan ibu kini sudah mulai beranjak besar yang mana banyak sekali aktivitas yang sudah bisa dikerjakan olehnya sendiri. Selain itu, melalui pengalaman menang dan kalah, anak akan tumbuh menjadi sosok dewasa yang lebih mandiri.

Namun, apabila pada tahap ini segala keputusan masih bergantung pada ayah dan ibu, kesempatan anak untuk belajar bertanggung jawab, yang mana sangat penting dalam masa pertumbuhannya, akan berkurang.

Apabila Anda mengharapkan si kecil mampu melakukan segala hal sendiri, maka mulai secara perlahan dari sekarang juga, tanamkan jiwa bertanggung jawab dan perbaiki kebiasaan si kecil yang terlalu bergantung terhadap Anda.

Kenapa sikap ‘bergantung’ terhadap orangtua perlu diperbaiki?

1. Independensi adalah poin penting dalam pertumbuhan anak

Tujuan utama membesarkan anak yaitu untuk membantunya tumbuh menjadi individu dewasa yang mandiri. Dengan begitu, penting sekali mengajarkan buah hati Anda untuk bisa menentukan pilihannya sendiri dan mempelajari sikap bertanggung jawab.

2. Menghindari agar perilaku yang kurang baik tidak menjadi permanen

Apabila si kecil dibesarkan dengan kebiasaan selalu bergantung pada kedua orangtuanya, maka ia tidak dapat belajar mempertanggungjawabkan usaha atau perbuatannya sendiri serta ia cenderung akan menghindar dari tugas-tugas atau keputusan yang sulit.

3. Langkah awal anak memasuki dunia sekolah dan kehidupan sosial lainnya di kemudian hari

Usia 5 - 6 tahun merupakan masa prasekolah sebelum anak mulai berpikir dan bertindak sesuai keinginan sendiri dan memasuki kehidupan berkelompok. Apabila si kecil sering menunjukkan sikap yang tidak bertanggung jawab di depan teman-temannya, akibatnya anak akan merasa tertekan atau terkucilkan, kehilangan kepercayaan diri, serta sulit membina hubungan yang baik bersama teman-temannya.

Untuk ini, anak perlu merasakan serunya memiliki kesempatan menentukan pilihan sendiri dan hasil dari pilihannya tersebut dapat melatih anak untuk bertanggung jawab.

Latihlah si kecil yang masih ‘bergantung’ pada orangtuanya menjadi sosok yang memiliki jiwa tanggung jawab yang tinggi!

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?