MasukDaftarHalaman Saya
Pengasuhan Anak
Cara Bijak Saat Anak Bersikap Tidak Sopan
Dibaca 1135
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Di masa kemampuan kognitif si kecil yang sedang berkembang dengan pesat ini, sebaiknya ajarkanlah kebiasaan mendengar dan menghargai ucapan orang lain kepada anak.

Agar si kecil dapat membina hubungan sosial yang baik dengan orang lain, ajarkan sikap menghargai orang lain kepada si kecil!

Orangtua perlu menunjukkan contoh bagaimana caranya menghargai orang lain secara berulang-ulang sehingga si kecil pun bisa belajar cara berbicara dengan halus dan bersikap sopan kepada orang lain.

Dalam proses perkembangannya, si kecil akan melewati masa dimana ia cenderung memiliki ego yang besar. Maka dari itu, melalui hubungan sosial yang terbentuk secara perlahan, si kecil pun bisa menyadari dunia yang luas ini dan juga belajar cara berbagi dengan orang lain.

Supaya bisa saling menyesuaikan diri dengan orang lain, si kecil perlu belajar cara menghargai orang lain dan tahu kapan harus mengalah kepada orang lain. Namun, apabila si kecil menunjukkan sikap tidak sopan kepada orang lain, ada baiknya Anda perlu menelusuri alasannya dan mengajarkan cara yang benar dalam menghargai orang lain.

Kenapa anak perlu belajar sikap menghargai orang lain dari sekarang?

1. Ruang lingkup sosial anak kini sedang meluas

Ruang lingkup sosial si kecil saat ini sudah semakin meluas, tidak hanya dilalui bersama ayah dan ibu saja. Ketika si kecil tahu bagaimana cara menghargai orang-orang yang ia temui maka kemampuan membina hubungan sosial yang baik pun dapat terbentuk dan juga berpengaruh positif terhadap proses tumbuh kembang si kecil.

2. Karakter anak sedang terbentuk

Tingkah laku bermoral yang ditunjukkan secara berulang kali dapat membentuk karakter anak. Karena itu, untuk bisa membangun hubungan sosial yang harmonis bersama orang lain, mulai dari sekarang juga ajarkanlah sikap-sikap penting yang perlu ditunjukkan oleh anak.

3. Dapat mempengaruhi harga diri anak

Hubungan sosial dengan orang lain berpengaruh terhadap pembentukan ego anak, karena itu sangatlah penting membangun harga diri yang sehat dengan cara membina hubungan yang baik bersama orang lain.

----

Pada masa ini, si kecil mulai memahami konsep moral, mematuhi aturan, instruksi, tata krama yang berlaku secara umum. Maka dari itu, mulai saat ini juga, penting sekali mengajarkan tingkah laku apa saja yang benar dan tidak benar serta membangun kebiasaan atau pola hidup yang baik kepada anak.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?