MasukDaftarHalaman Saya
Tips Permainan
Permainan untuk Memahami Konsep Huruf Konsonan dan Vokal
Komentar 1
Dibaca 1498
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Masa perkembangan setiap anak dapat berbeda-beda, tapi yang pasti, suatu saat si kecil akan memiliki minat yang luar biasa terhadap huruf-huruf alfabet.

Setelah tertarik dengan huruf, anak mulai belajar membaca tulisan. Saat berjalan-jalan di sekitar rumah, anak sibuk membaca huruf-huruf yang terdapat pada tulisan yang dilihatnya. Setelah anak cukup bermain dengan huruf-huruf yang ada, kini saatnya anak mengenali yang mana huruf konsonan dan huruf vokal.

Permainan mengenal huruf vokal dan konsonan, lakukan seperti ini!

1. Ubahlah area bermain anak menjadi area bermain mengenal huruf!

Apabila anak hanya menggunakan kartu bergambar (flash card) saat mempelajari huruf konsonan dan vokal dengan menulis ulang tulisan pada kartu, maka bukannya mempelajari huruf, anak hanya akan belajar menulis saja.

Untuk bisa belajar huruf konsonan dan vokal sambil bermain, sebaiknya mulailah dengan mengubah suasana area bermain anak.

Buatlah kartu huruf-huruf alfabet bersama anak dan tempelkan pada area bermain anak! Selain itu, Anda juga dapat meletakkan kartu tersebut di tempat yang mudah diraih dan dilihat oleh anak. Si kecil akan sering bermain dengan kartu yang telah dibuatnya sendiri.

2. Cobalah bermain mencari huruf konsonan dan vokal di dalam rumah!

Bermain mencari huruf yang ada pada papan iklan/jalan di sekitar rumah bersama anak juga merupakan cara yang efektif mempelajari huruf alfabet. Misalnya, bermain mencari huruf konsonan K pada papan-papan iklan/jalan yang ada. Apabila Anda sering memberikan kesempatan kepada anak untuk mencari huruf-huruf alfabet yang ada di sekelilingnya, maka si kecil akan merasa lebih mudah dan terbiasa mempelajarinya. Anda dapat menulis huruf K berukuran besar pada kertas karton dan mintalah anak untuk mewarnainya! Biarkan anak mencari huruf K di luar rumah sambil membawa kertas karton ini!

Pada masa usia ini, apabila anak terus menerus bermain mengenal dan mencari huruf-huruf konsonan dan vokal, maka secara alami anak akan lebih mudah mempelajarinya.

3. Ajarkan kepada anak bahwa suku kata akan muncul apabila huruf konsonan bertemu dengan huruf vokal!

Gabungkan satu huruf konsonan dan satu huruf vokal yang sudah diketahui oleh anak sehingga menjadi satu suku kata, lalu ejalah suku kata tersebut bersama anak! Buatlah kartu gambar yang baru yang terdiri atas gabungan huruf konsonan dan vokal, misalnya ‘ba’. Bacalah kartu suku kata tersebut bersama anak dan biarkan anak merasakan perbedaan suara yang dikeluarkan saat membacanya.

Anda tidak perlu membeli kartu bermain alfabet yang mahal bagi si kecil. Anda dapat membuat sendiri bermacam-macam kartu suku kata untuk dijadikan sebagai mainan si kecil.

4. Bermainlah sambil meminta anak untuk menulis langsung huruf-huruf konsonan dan vokal!

Kini anak sudah bisa memegang pensil warna dan mulai menulis-nulis karena koordinasi mata dan tangan anak yang sudah semakin berkembang. Pilihlah pensil warna yang anak sukai lalu ajaklah si kecil bermain menulis beberapa suku kata yang diketahuinya!

Boleh juga bermain meniru tulisan ibu dengan cara meminta anak menulis huruf-huruf yang sama di bawah tulisan ibu.

Apabila anak memiliki minat dalam melakukan permainan ini, maka Anda dapat mulai mengajarkan anak menulis huruf secara perlahan.

5. Bedakanlah warna huruf konsonan dan vokal dan tunjukkan kepada anak.

Tunjukkanlah contoh satu huruf konsonan yang digabungkan dengan huruf-huruf vokal, misalnya ba-bi-bu-be-bo! Bacakanlah suku kata tersebut dan biarkan anak menyadari bahwa setiap suku kata mengeluarkan suara yang berbeda-beda. Agar anak dapat lebih mudah membedakan mana huruf konsonan dan huruf vokal, tandailah dengan pensil warna yang berbeda. Misalnya, tuliskan huruf ‘b’ dengan pensil warna merah, lalu tuliskan huruf vokal a-i-u-e-o dengan pensil warna biru, kemudian bacalah setiap suku kata dan biarkan anak merasakan perbedaan suara yang muncul dengan seluruh indranya.

Pembinaan permainan: Cobalah permainan untuk mendorong rasa penasaran anak dengan menyambungkan huruf konsonan dan huruf vokal

Apakah si kecil sudah bisa membaca huruf-huruf alfabet satu persatu? Sekarang saatnya anak mencoba membaca beberapa suku kata yang merupakan gabungan dari huruf konsonan dan huruf vokal.

Melalui aktivitas ini, anak akan merasakan keseruan bermain menggabung-gabungkan huruf konsonan dan huruf vokal bersama-sama!

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.

Kirananananasekitar setahun yang lalu
Waa mau coba
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?