MasukDaftarHalaman Saya
Pengasuhan Anak
7 Prinsip Ibu yang Cerdas Saat Memberi Makan Bayi
Komentar 3
Dibaca 30438
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Ada baiknya Anda memahami hal-hal berikut ini saat memberikan MPASI kepada si kecil!

① Sebaiknya pemberian MPASI dimulai saat bayi berusia 6 bulan

Bayi yang ASI eksklusif sebaiknya mulai diberi mpasi pada usia 6 bulan. Semua nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk bertumbuh kembang terkandung dalam ASI, karena itu, hingga usia 6 bulan, asupan nutrisi bayi sangat cukup dan lengkap hanya dengan diberi ASI/susu formula

② Jangan memberikan jus buah sebelum bayi berusia 6 bulan

Jus buah sebaiknya diberikan setelah usia bayi lewat 6 bulan. Kandungan kalori pada jus buah sangat tinggi, tetapi kandungan gizinya rendah. Jus buah masih kurang sesuai untuk organ pencernaan bayi yang masih lemah, dan bisa menimbulkan mencret pada bayi.

③ Sebaiknya berikan daging setelah melewati usia 6 bulan

Setelah lewat usia 6 bulan, deposit zat besi yang diterima dari ibu semakin berkurang. Karena itu asupan zat besi sebaiknya diberikan melalui MPASI. Jenis daging yang bisa dikonsumsi bayi antara lain daging sapi dan daging ayam. Jangan lupa memasukkan daging saat Anda membuat mpasi buah hati Anda.

④ Mulailah berikan ikan-ikanan setelah lewat usia 6 bulan

Ikan-ikanan boleh saja mulai diberikan sejak bayi berusia 6 bulan, tetapi prioritaskan daging dahulu untuk asupan zat besinya. Saat memberi MPASI yang mengandung ikan, pastikan Anda mengecek apakah ada reaksi alergi yang timbul pada si kecil.

⑤ Jangan menambah bumbu perasa

Penting untuk tidak menambah perasa makanan pada MPASI bayi Anda seperti garam atau kecap. Merasakan rasa asli dari setiap bahan makanan yang dihidangkan sangat penting untuk membangun pola makan yang baik untuk bayi Anda. Selain itu, kandungan sodium yang tinggi kurang baik untuk kerja ginjal bayi.

⑥ Gunakan cara rebus dan kukus untuk membuat hidangan MPASI bayi Anda

Pada tahap awal, sebaiknya tidak perlu menggunakan minyak goreng/minyak lainnya untuk membuat MPASI bayi Anda (minyak tidak apa-apa digunakan pada makanan bayi tahap selanjutnya). Penting untuk membiarkan bayi merasakan rasa asli dari bahan makanan yang diberikan kepadanya.

⑦ Dorong bayi untuk bisa makan sendiri

Tentunya pada tahap memberi makanan padat kepada bayi, apa yang dimakan bayi memang penting, tetapi bagaimana bayi Anda makan juga tidak kalah penting. Meskipun berantakan dan berceceran ke mana-mana, pada tahap kedua pemberian MPASI (sekitar  usia 8-9 bulan), bayi Anda sebaiknya berlatih untuk memegang sendoknya dan makan sendiri. Ini pun sangat efektif untuk perkembangan otaknya.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.

anisahidaysekitar 3 tahun yang lalu
Berarti mulai mpasi ketika anak bukan tepat 6bulan ya? 6 bulan 1 hari misalnya?


Gscsekitar setahun yang lalu
Cmiiw. Tepat 180hr kalau mau dihitung boleh mom. Atau tepat di tgl lahirnya. Saya kalau hitung hati jatuhnya 6bulan 7hr. Tapi itu tepat tgl dihari lahir. Yg baik jangan kurang dan tidak boleh lebih dr 6bulan. Misal usia 7bln karna bs menyebabkan anemia. Dimulai dg tekstur encer menyerupai asi boleh karna perkenalan. Selanjutnya kalau sesuai tekstur ya jatuh perlahan bukan encer. Panduan ada di buku KIA lengkap mom. Selamat mpasi yaa 🤍

ahsanamalialebih dari 3 tahun yang lalu
Puree buah untuk usia 6 bulan lebih beberapa hari boleh tidak?
Lihat komentar lain
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?