MasukDaftarHalaman Saya
Pengasuhan Anak
Permainan Berhitung Seru ala Ayah dan Ibu
Dibaca 435
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Aktivitas berhitung yang dilakukan sehari-hari secara alami dapat membantu si kecil memahami konsep tambah kurang angka dengan lebih mudah.

Si kecil sebentar lagi akan masuk SD, pada saat ini biasanya orangtua cukup pusing memikirkan cara mengenalkan matematika kepada anak. Pengalaman bermain penghitungan sekarang ini nantinya dapat membantu si kecil memahami pelajaran di sekolah.

Tapi, cara belajar yang kurang tepat justru bisa membuat si kecil merasa terbebani dan minat belajarnya akan menurun.

Jika si kecil masih ‘canggung’ dengan aktivitas menambah kurang angka, ini tandanya si kecil membutuhkan pengalaman belajar melalui permainan.

Mengapa kegiatan tambah kurang perlu diajarkan melalui kegiatan sehari-hari?

1. Membentuk pemahaman positif terhadap kegiatan berhitung

Mempelajari konsep matematika ini memberikan pengalaman kepada anak untuk mengetahui kapan dan bagaimana konsep ini dapat digunakan serta menumbuhkan rasa keingintahuan dan menyadari pentingnya belajar berhitung. Melalui pengalaman ini, nantinya si kecill dapat lebih aktif untuk memecahkan soal matematika.

2. Mempermudah anak memahami konsep berhitung

Walaupun kemampuan kognitif anak terbilang sudah berkembang dengan baik, tapi bagi anak kegiatan menambah dan mengurangi angka, mengingat simbol matematika dan menjumlahkan angka bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, permainan-permainan berhitung yang pernah anak lakukan bermanfaat mengasah kemampuan aritmatika anak dan membantu anak supaya semakin dekat dengan ‘matematika’ sekaligus memahami konsepnya dengan baik.

3. Mengasah kemampuan aritmatik dan kreativitas

Daripada mengerjakan buku latihan soal matematika, lebih baik jika Anda mengajak si kecil mempraktikkan kegiatan tambah kurang angka secara langsung. Memindahkan benda-benda sambil menjumlahkannya, menghitung 1+1 dengan jari, mengurangi jumlah balok dan lain-lain juga dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif pada anak ketika ia mencari jawabannya.

Memahami konsep berhitung dapat menjadi bekal bagi anak dalam memecahkan masalah secara logis yang mana juga penting dalam mendukung proses belajar si kecil ketika sudah masuk SD nanti. Oleh karena itu, pengalaman berhitung dalam kegiatan sehari-hari bermanfaat membantu si kecil memahami bagaimana cara berhitung.

Untuk si kecil yang selalu ‘kabur’ saat diajak bermain berhitung, bantulah ia untuk memahami konsep berhitung dasar dengan cara yang sederhana.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?