MasukDaftarHalaman Saya
Tips Permainan
Aktivitas Membaca Buku yang Akan Selalu Dikenang oleh Anak
Dibaca 689
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Ada kalanya saat kita ingin mengingat kejadian pada masa kecil, kita tidak dapat mengingat dengan jelas apa yang terjadi tetapi dapat merasakan suasana dan perasaan pada saat itu. Hal ini disebut dengan ingatan emosional.

Saat si kecil tumbuh dewasa, semua ingatan emosional mengenai waktu yang dilalui bersama ayah dan ibu akan menjadi cahaya penerang kehidupannya nanti. Ketika anak merasa sedih pun, ia akan memiliki kekuatan untuk mengatasi kesedihannya dengan baik.

Berikanlah ingatan emosional yang kuat kepada si kecil melalui buku.

[Aktivitas membaca yang dapat merangsang ingatan emosional anak Anda]

1. Setelah membaca buku, berikan waktu yang cukup kepada anak

Otak dan hati anak membutuhkan waktu untuk menyerap cerita buku yang telah dibacanya. Setelah membaca buku bersama, daripada Anda langsung menanyakan isi cerita atau perasaan anak setelah membaca buku, sebaiknya berikanlah waktu yang cukup bagi anak untuk mencerna cerita yang baru saja dibaca olehnya. Anak sedang berusaha menyerap satu per satu isi cerita buku dan semua perasaan yang muncul ketika membaca buku ke dalam otak dan hatinya, sehingga anak dapat merasa kebingungan dan stres jika terlalu banyak tekanan dari luar.

2. Ajaklah anak mengingat cerita pada buku

Bukalah salah satu halaman buku cerita bergambar dan berceritalah tentang isi halaman tersebut bersama anak. Biarkan anak mengingat tentang isi cerita, karakter apa saja yang muncul dan apa yang ia rasakan saat membaca halaman tersebut, sehingga melalui proses ini, kemampuan ingatan anak pun dapat dibangun lebih kuat.

3. Bacalah buku dengan memanfaatkan seluruh panca indra

Kemampuan ingatan anak akan lebih kuat jika Anda memberikan pengalaman-pengalaman melalui berbagai rangsangan. Contohnya, ketika membaca buku tentang ‘apel’, lakukan aktivitas membaca buku dengan mengajak anak menyentuh dan merasakan dengan langsung buah apel yang sebenarnya, maka dari itu aktivitas ini secara efektif dapat merangsang kemampuan mengingat anak Anda.

Boleh juga mencoba bermain meniru gerakan atau ucapan beberapa karakter yang muncul pada buku. Mencari benda-benda yang muncul di dalam buku secara langsung di sekitar anak dapat merangsang perkembangan kemampuan mengingat dan kemampuan berpikirnya.

4. Gunakan 5 menit saja sebelum waktu tidur anak

Ingatan jangka panjang merupakan ingatan yang bekerja paling efektif pada waktu sebelum tidur. Manfaatkan kegunaan otak ini dengan sebaik-baiknya. Sebelum anak tidur, ceritakanlah kembali mengenai isi buku yang telah dibaca bersama di siang hari. Tidak harus merangkum cerita buku. Boleh juga bercerita jika anak memiliki ide lain yang berkaitan isi cerita buku.

Jangan lewatkan waktu emas perkembangan otak anak yaitu 5 menit sebelum waktu tidurnya dan berikanlah berbagai kenangan manis yang tidak mudah dilupakan.

Pembinaan permainan: Manfaatkan waktu 5 menit sebelum tidur untuk membangun kebiasaan membaca anak Anda

Buku yang dibaca sebelum tidur dapat membantu perkembangan kemampuan berpikir dan perkembangan emosi buah hati Anda. Selain itu, aktivitas ini dapat membentuk kebiasaan tidur anak yang teratur.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?