MasukDaftarHalaman Saya
Tips Permainan
8 Hal Penting yang Perlu Diketahui Ayah dan Ibu Tentang Permainan Anak
Dibaca 1844
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Banyak ayah dan ibu yang sudah mengetahui pertingnya bermain bagi anak.Tetapi terkadang prakteknya sulit. Jika Anda cukup mengetahui pentingnya bermain, maka sesibuk apapun Anda pasti akan berusaha untuk mengajak anak bermain walau cuma sebentar.

1. Sediakan waktu dan suasana secara reguler dimana anak dapat berlari bebas

Jika permainan yang berhubungan dengan perkembangan fisik dan olahraga sangatlah kurang, maka anak mungkin hanya pandai dalam satu area saja dan tidak bisa menguasai area lainnya.

2. Lakukan permainan sentuhan fisik bersama ayah dan ibu

Permainan fisik yang diberikan ayah dan ibu dapat menanamkan rasa kestabilan dalam diri anak. Kestabilan psikis merupakan elemen penting dalam masa tumbuh kembang anak sedari dini.

3. Dukunglah agar anak dapat merancang aturan permainannya sendiri

Anak dengan sendirinya dapat belajar dan membuat peraturan baru melalui permainan. Selain itu, anak juga dapat merasakan kegembiraan dari apa yang telah ia lakukan. Melalui proses ini, anak dapat merasakan kompetensi dirinya sendiri.

4. Anak dapat mempelajari teknik baru saat bermain

Proses dimana anak melakukan berbagai aktivitas dalam bermain dapat memaksimalkan perkembangan otaknya. Ke depannya nanti, kegiatan bermain dapat menghasilkan dan menghubungkan sel-sel saraf yang dibutuhkan oleh anak. Bermain dengan ‘menyenangkan’ akan semakin dapat mendorong perkembangan otak anak.

5. Permainan berkelompok dapat membantu anak tumbuh menjadi bagian dari masyarakat

Permainan berkelompok dapat membantu anak memahami dan menerima prinsip dari aturan bermain. Semakin sulit aturan yang dipatuhi oleh anak, maka ini sangat memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan anak. Jika anak dapat menerima peraturan, maka ia juga dapat merasakan kepuasan bermain bersama orang lain. Selain itu, anak dapat mengerti pada saat ke depannya nanti ia akan memiliki ‘posisi sendiri’ di dalam hubungan masyarakat.

6. Biarkan anak mencoba merasakan keberhasilan dan kegagalan saat bermain

Saat bermain, penting sekali anak untuk merasakan keberhasilan dan kegagalan secara bergiliran. Proses kegagalan itu sendiri dapat membuat anak menyadari cara menyelesaikan masalah sendiri secara bijaksana.

7. Sambil bermain, anak akan belajar dari lingkungan di sekitarnya

Kegiatan bermain di mulai dari mengamati lingkungan yang ada di sekitar. Kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri anak dalam berkegiatan secara aktif.

8. Secara alami, anak dapat belajar mengenai konsep berhitung dalam permainan sehari-hari

Sebaiknya, secara alami Anda memasukan konsep berhitung/matematika dalam permainan sehari-hari anak Anda. Misalnya, mengukur berat badan atau tinggi badan anak, menghitung kejadian-kejadian menyenangkan bagi anak. Selain itu, bermain menghitung peralatan makan yang ada di meja makan pun baik untuk anak. Dengan begitu, secara alami anak dapat belajar mengenai konsep matematika saat bermain permainan sehari-hari.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?