MasukDaftarHalaman Saya
Tips Permainan
Permainan Membaca Ala Bunda: Membuat Tokoh Baru
Dibaca 1461
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Saat membaca buku cerita bergambar, anak-anak akan menggambarkan dan membayangkan kejadian-kejadian di dalam buku layaknya film yang diputar di dalam kepalanya. Cobalah berikan alat bantu untuk meningkatkan daya imajinasi dan kemampuan berpikir buah hati Anda. Satu pertanyaan dari ibu juga sudah cukup bagi anak.

Berikan pertanyaan yang berkaitan dengan isi buku cerita seperti ini “Kalau kamu jadi tokoh utama, apa yang akan kamu lakukan?”. Anak akan membayangkan cerita sesuai urutan, lalu mulai membuat satu cerita baru dan juga cerita berikutnya.

Berikut ini beberapa permainan yang dapat memperluas kemampuan berpikir anak melalui buku cerita bergambar.

Pembinaan bermain: Membuat tokoh baru

1. Gunakan tokoh favorit anak dari dalam buku cerita

Sebaiknya gunakanlah tokoh yang sudah pernah anak mainkan atau tokoh dari buku cerita bergambar yang anak sukai. Usahakan anak memilih tokoh yang ia sudah hafal karakter dan cara berbicaranya. Menggunakan tokoh yang anak kenali dapat menggerakkan dan memperluas jalan pikiran anak.

2. Anak akan merasa memiliki hubungan yang dekat dengan karakter yang ia ceritakan

Proses dimana anak mengenali situasi isi cerita buku dan menganggap dirinya sebagai tokoh utama cerita tersebut dapat membuat anak merasakan kedekatan bersama tokoh yang ia sukai. Selain itu, mencontoh cara berbicara dan sikap seperti tokoh di dalam buku dapat menumbuhkan rasa empati pada diri anak.

3. Mintalah anak untuk membantu memecahkan salah satu masalah yang ada dalam buku cerita

Anda berperan sebagai salah satu tokoh lain di dalam buku, kemudian mintalah anak untuk membantu memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi. Ketika hanya membaca saja, anak merupakan orang ketiga yang hanya mengamati isi cerita, namun sekarang anak dapat merasakan turut serta secara langsung dalam pemecahan masalah ketika berperan sebagai tokoh utama.

4. Saat anak belum lancar saat mengekspresikan cerita, maka berikan pertanyaan tentang salah satu karakter kepada anak

Jika anak Anda tipe pemalu atau kurang bisa mengekspresikan diri, ketika anak berperan sebagai tokoh favoritnya pun anak dapat kesulitan mengekspresikannya. Saat seperti ini, ibu yang berperan sebagai tokoh lain di dalam buku dapat mencoba mengajak anak berbicara. “Halo! Kamu berasal dari mana?”, “Namamu siapa?”, “Kamu sukanuya apa?”, “Ayo kita berteman!”, dengan mengucapkan kata-kata seperti ini, anak akan mulai berbaur dengan tokoh di dalam buku, sehingga bantulah anak agar dapat lebih mengekspresikan diri secara aktif.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?