MasukDaftarHalaman Saya
Pengasuhan Anak
Ringkasan Penting Mengenai Pemberian ASI kepada Bayi Anda
Komentar 2
Dibaca 3020
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Momen menyusui si kecil dapat memberikan pengalaman berharga yang menghubungkan orangtua dan bayi sebagai individu yang setara.

Alasan mengapa pemberian ASI penting bagi masa tumbuh kembang si kecil

1. Asupan gizi utama bayi untuk bertahan hidup

Bayi yang baru lahir tentu belum terbiasa dan belum bisa mengunyah dan menelan makanan sendiri. Dengan mengikuti instingnya, bayi baru lahir hanya bisa menunjukkan teknik ‘mengisap’ untuk memasukkan asupan gizi ke dalam tubuhnya.

Khususnya, kandungan yang ada di dalam air susu ibu terbukti merupakan asupan terbaik dan memiliki gizi yang melimpah untuk daya tahan tubuh dan juga untuk menyehatkan bayi.

2. Memberikan perasaan nyaman kepada bayi

Saat menyusui, bayi merasakan bahwa tubuhnya berada dekat sekali dengan tubuh Anda sehingga ia juga merasakan bau tubuh dan suara detak jantung Anda yang memberikan rasa aman kepadanya.

3. Membentuk kelekatan yang aman

Ketika kelekatan terbentuk dengan aman, bayi pun dapat merasakan bahwa dirinya sama dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Interaksi bersama si kecil pada jam menyusuinya dapat membantu pembentukan kelekatan yang aman.

‘ASI’ adalah asupan terbaik untuk bayi

Minum ASI merupakan segalanya bagi bayi yang baru saja lahir. Tentu karena kemampuan bayi untuk mengunyah, menelan dan mencerna semua makanan yang masuk ke dalam tubuhnya belum berkembang dengan baik.

Walaupun mengejutkan, ASI memiliki nutrisi yang luar biasa yang dapat memenuhi segala kebutuhan gizi bayi Anda.

Tapi, karena alasan tertentu, ada bayi yang tidak bisa mengonsumsi ASI. Jika bayi harus mengonsumsi susu formula, buatlah lingkungan menyusu yang menyenangkan dan selalu berikanlah dukungan dan kasih sayang yang penuh kepada buah hati Anda.

Susu formula juga memiliki nutrisi yang baik yang mana kandungannya sudah diatur agar menyerupai air susu ibu. Susu formula memiliki peran penting memberikan asupan gizi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang tidak bisa mengonsumsi ASI.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi saja, ingatlah bahwa pemberian ASI kepada bayi juga memiliki manfaat untuk membangun hubungan kelekatan yang aman.

Aturlah suasana menyusu yang menyenangkan dan penuh kasih sayang bagi bayi Anda! Semua ini pasti bermanfaat mendukung si kecil tumbuh menjadi seorang anak yang sehat.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.

mamagideonlebih dari 3 tahun yang lalu
Asi yang bagaimanakah yang berkualitas untuk bayi? Bagaimana kalau air asi kita encer dan warnanya seperti warna air beras?? Anak saya tidak mau minum susu formula, sehingga tubuhnya kurang berkembang. Bagaimana caranya agar tubuh anak cepat berkembang??


Hamzah11sekitar setahun yang lalu
Pada prinsipnya, ASI tidak pernah tergantikan dengan sufor secanggih apapun
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?