MasukDaftarHalaman Saya
Tips Permainan
Pembinaan Permainan Angka: Mempelajari Konsep Angka Dalam Kehidupan Sehari-hari.
Dibaca 1460
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Anak yang berusia 4 tahun, sekarang sudah terlihat terbiasa menghitung angka. Tentu saja, ada perbedaan pada tiap anak, namun rata-rata anak dapat menghitung dari angka 1 sampai 10 secara berurutan, atau ia dapat memahami jumlah angka dengan sensorinya seperti dapat membedakan mana angka yang lebih besar atau mana yang lebih kecil hingga angka 10.

Bantu anak Anda untuk mengenali angka dalam kehidupan sehari-hari. Jika anak sudah terbiasa mengetahui jumlah angka dengan menghitung angka, cobalah bermain membandingkan dua angka.

Coba bermain konsep angka seperti ini.

1. Cobalah menghitung angka dengan menggunakan benda sehari-hari.

Cobalah bermain menghitung angka dengan benda dari 1 sampai 10, lalu cobalah bermain merespon jumlah angkanya. Jika anak sudah terbiasa berhitung lebih dari itu, anak dapat bermain angka sebanyak yang ia mampu. Karena ada perbedaan pada kemampuan berhitung tiap-tiap anak, jika anak Anda dapat berhitung hingga angka 20, maka sebaiknya bermain berhitung sampai angka 20.

Contoh permainan: Cobalah menghitung berapa jumlah kue yang ada di rumah, berapa jumlah biskuit yang ada di dalam kotak. Anak-anak yang mengalami permainan menghitung angka dengan sensorinya, seperti menyentuh benda, akan dapat membentuk konsep matematika secara lebih efektif.

2. Berikan pemahanan tentang konsep 0.

Anak yang berusia 4 tahun bisa mengerti konsep nol. Konsep 0 akan mudah dimengerti anak jika Anda mengenalkannya melalui benda.

Gunakan kartu angka yang ada di rumah. Jika tidak ada, Anda bisa memotong kertas gambar dengan ukuran tertentu dan membuat kartu permainan dengan beberapa angka.

Contoh permainan: Siapkan kartu bermain dan dua buah piring, lalu letakkan satu buah roti di salah satu piring, dan jangan meletakkan apapun di piring satunya. Anda dapat meminta anak untuk merespon dengan mencocokkan kartu angka 0 dan 1 yang sesuai dengan kondisi dua buah piring tersebut. Beritahukan pada si kecil, ketika menghitung angka yang tidak ada jumlahnya, ekspresikan dengan mengatakan "0".

3. Mulai menghitung urutan bilangan

Anak yang berusia 4 tahun, sekarang bisa menghitung bilangan ordinal.

Anak yang sudah bisa menghitung bilangan kardinal (satu, dua, tiga ...) akan dapat menghitung bilangan ordinal (pertama, kedua, ketiga ..). Cobalah bermain menghitung bilangan ordinal dengan mainan anak yang ada di rumah.

Bagus juga membuat barisan boneka yang ada di rumah, lalu bermain menghitung bilangan ordinal. Bantulah anak untuk dapat mengenal bilangan ordinal dengan alamiah melalui permainan.

Saat membentuk konsep matematika pada anak, tidak ada metode permainan yang keefektifitasannya sama dengan stimulasi sensorik. Bantu agar anak dapat merasakan konsep dasar matematika dengan sensorinya menggunakan mainan dan benda semaksimal mungkin.

Pembinaan permainan: Cobalah berbagai permainan menghitung angka dengan menggunakan blok

Cobalah bermain angka dengan menyambungkan blok warna yang mudah didapatkan di rumah. Hitung blok yang tersambung atau bagus juga bermain menghitung bilangan ordinal. Melalui bermain, anak akan dapat menyerap bilangan ordinal dan bilangan kardinal dengan alamiah.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?