MasukDaftarHalaman Saya
Tips Permainan
Permainan Kesenian yang Kreatif Ala Bunda, Matryoshka Gulungan Tisu
Dibaca 878
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Matryoshka adalah boneka khas Rusia yang terbuat dari kayu dan ketika membuka badan boneka, di dalamnya berisi beberapa boneka dengan ukuran yang semakin dibuka semakin mengecil. Buatlah matryoshka ala si kecil dari gulungan tisu bekas dan bermainlah Biarkan anak membuat gambar sesuai apa yang ingin ia ekspresikan dengan bebas pada gulungan tisu, kemudian pisahkan matryoshka berdasarkan ukurannya. Permainan ini bermanfaat bagi perkembangan motorik halus dan motorik kognitif buah hati Anda.


Pembinaan Permainan: Kumpulkan kertas bekas gulungan tisu, lalu gunakan untuk bermain membuat matryoshka ala si kecil

1. Manfaatkan keunggulan benda-benda daur ulang dalam permainan seni

Apa alasan anak menyukai permainan kesenian yang menggunakan benda-benda daur ulang/bekas? Ini karena proses dimana suatu benda yang biasa anak lihat sehari-hari berubah menjadi suatu bentuk yang baru, sehingga membuat anak senang. Anak yang suka dengan permainan seperti ini akan memiliki perspektif bahwa bahan-bahan daur ulang yang telah dikumpulkan dapat digunakan kembali sebagai alat-alat kesenian. Selain itu, ketika melihat benda yang biasa ia temukan sehari-hari, ia dapat menemukan suatu ide baru untuk menggunakan kembali benda-benda itu. Buatlah benda-benda daur ulang yang ada di sekitar Anda menjadi teman bermain yang dapat membantu masa tumbuh kembang buah hati Anda.

Melalui permainan seperti ini, anak juga dapat belajar untuk menghemat sumber daya yang ada.

2. Ketika anak terbiasa dengan bonekanya, biarkan anak mencoba mengatur ukuran boneka sendiri

Agar anak dapat menggunting gulungan tisu sesuai ukurannya sendiri mulai dari yang paling tinggi, hingga yang paling pendek, sebaiknya Anda memberikan trik/cara kepada anak. Saat anak mulai terbiasa dalam proses membuat matryoshka, sebaiknya berikanlah kesempatan kepada anak untuk membuatnya tanpa bantuan ibu. Ketika anak melakukan kesalahan dalam mengatur ukuran gulungan tisu, bantulah anak untuk menemukan cara untuk memperbaiki kesalahannya.

3. Cobalah bermain berhitung dengan menggunakan karya yang sudah jadi

Daya tarik dari boneka matryoshka yaitu boneka-boneka yang ukurannya semakin mengecil yang berada di dalam tubuh satu boneka. Bermain boneka ini dapat membantu anak memahami konsep urutan.

Urutkan boneka-boneka matryoshka yang sudah jadi sesuai ukuran, bantulah anak agar dapat terbiasa memahami konsep urutan.

4. Biarkan anak membuat gambar sesuka hati

Untuk menghias matryoshka, biarkan anak sesuka hati membuat gambar dengan bebas, mewarnai atau merobek kertas dan menempelkannya pada boneka matryoshka buatannya.

Saat anak terbiasa dengan konsep urutan, bagus juga untuk meminta anak untuk membuat gambar yang berbeda-beda sesuai ukuran boneka.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?