MasukDaftarHalaman Saya
Tips Permainan
Manfaat 'Cerita Rakyat' yang Luar Biasa untuk Anak
Dibaca 865
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Cerita rakyat yang disampaikan secara turun temurun ternyata dapat mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang penting kepada anak.

Dahulu, orangtua seringkali bercerita atau membaca dongeng-dongeng cerita rakyat yang berlatar belakang cerita pada zaman dahulu kala. Umumnya, cerita rakyat memberikan pesan-pesan positif yang dapat dipetik dan mudah dipahami. Karena itu, anak-anak biasanya senang mendengar cerita-cerita rakyat sekaligus membayangkannya.

Manfaat apa yang dapat anak rasakan dari cerita rakyat?

1. Membantu perkembangan daya imajinasi dan kreativitas

Anak memiliki fase kritis untuk mengembangkan rasa penasaran yang tinggi, daya imajinasi yang kaya serta kreativitas yang perlu diasah. Kesempatan bagi anak untuk berpikir dan berekspresi dengan bebas tentu memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan daya imajinasi dan kreativitas anak. Hal-hal yang tidak nyata pada dongeng cerita rakyat dapat merangsang daya imajinasi buah hati Anda.

Bacakanlah cerita rakyat kepada si kecil dan berikan kesempatan kepada anak untuk menggali dan berpikir sendiri bisa mengenai cara pemecahan masalah yang ada pada cerita dsb sehingga ini dapat merangsang perkembangan daya imajinasi dan kreativitas anak.

2. Dasar dari pembentukan karakter

Untuk mengembangkan lobus frontalis pada otak yang bertugas mengatur moral dan sosial, sekarang ini adalah masa yang tepat untuk mengembangkan karakter buah hati Anda.

Pada umumnya, cerita rakyat memberikan pesan-pesan mengenai kasih sayang dan balas budi terhadap orangtua, persahabatan, keluarga, tingkah laku bijaksana, dsb.

Pesan-pesan moral yang disampaikan dalam cerita rakyat ini secara alami dapat mengembangkan moral yang baik sekaligus menjadi dasar dari kokohnya pembentukan karakter buah hati Anda.

3. Mempelajari berbagai macam kosakata baru sehingga dapat meningkatkan kemampuan bahasa

Bahasa merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh manusia untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi.

Kemampuan bahasa yang dimiliki oleh anak dapat membantunya untuk mengekspresikan pikiran dan perasaannya sendiri serta menjalin hubungan sosial yang baik bersama orang lain.

Dongeng cerita rakyat meliputi kosakata-kosakata baru dan ekspresi bahasa yang beraneka ragam. Dengan begitu, si kecil pun dapat mengasah kemampuan pemahaman bahasa dan memperluas perbendaharaan kosakata.

Kegiatan membaca buku bersama anak dapat memberikan rasa aman dan kebahagiaan pada anak.

Bagaimana caranya agar si kecil semakin suka dengan cerita rakyat?

1. Berubahlah menjadi karakter di dalam dongeng

Bacalah buku cerita rakyat bersama si kecil, lalu buatlah topeng karakter-karakter yang muncul pada buku!

Berperanlah menjadi karakter yang muncul di dalam buku dan bermainlah bersama seluruh anggota keluarga. Kepercayaan diri dan kemampuan ekspresi anak akan semakin berkembang dan ini dapat membantu anak dalam mengenali emosi.

2. Tanyakan bagian mana yang paling disukai oleh anak

Mintalah anak untuk menunjukkan bagian mana yang paling ia sukai dari dongeng cerita rakyat yang sudah dibaca.

Ajaklah anak untuk meniru ucapan-ucapan yang muncul pada bagian tersebut, lalu tanyakan apa yang akan ia lakukan jika ia menjadi karakter di dalam cerita. Kegiatan ini dapat mengasah imajinasi dan kemampuan bahasa buah hati Anda.

3. Gunakan foto anak sambil mendongeng

Manfaatkan foto si kecil dan buatlah suasana membaca cerita rakyat menjadi lebih menyenangkan!

Tanyakan karakter apa yang disukai anak, lalu tempelkan foto anak pada gambar karakter tersebut.

Secara tidak langsung, si kecil pun akan berubah menjadi karakter yang ada pada cerita yang dapat membantunya memahami cerita dengan lebih mudah dan meningkatkan kemampuan empati anak Anda.

----

Daya imajinasi anak akan semakin terasah ketika ia membayangkan isi cerita dari dongeng cerita rakyat yang ia dengarkan dan anak pun dapat mempelajari pesan-pesan moral dan kebudayaan yang terdapat di dalam cerita rakyat.

Bacalah kisah-kisah cerita rakyat kepada buah hati Anda!

Anda pun dapat melihat si kecil yang sedikit demi sedikit dapat berkembang menjadi lebih baik.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?