MasukDaftarHalaman Saya
Pengasuhan Anak
Panduan Orangtua yang Mengasuh Anak Perempuan
Dibaca 106
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Semua orangtua pasti berhadap anak perempuannya bisa tumbuh menjadi individu yang cemerlang. Bacalah dulu panduan berikut!

① Bantulah agar anak tetap dapat menjaga etika yang mendasar

Baik untuk membuat kebiasaan sejak kecil agar anak Anda menjaga etika dasar seperti mengucapkan salam pada sesepuh, menggunakan bahasa yang sopan kepada ayah dan ibu, dll.

Buat aturan kelurga bersama-sama lalu berusaha untuk menjaga etika dengan baik bersama-sama.

② Beri dorongan pada anak untuk mengekspresikan pikirannya

Dorong anak Anda untuk mengungkapkan pemikirannya dengan percaya diri. Untuk menumbuhkan kepercayaan diri, sebaiknya orang tua terlebih dahulu mendengarkan cerita anak dengan penuh perhatian dan meningkatkan harga diri anak. Dorong anak Anda untuk dapat berbicara bebas tentang pendapatnya dan berikan waktu padanya untuk membicarakan sesuatu sesering mungkin.

③ Tingkatkan kesadaran peran gender dengan benar

Anda harus meningkatkan kesadaran peran gender yang benar untuk anak Anda. Jangan katakan apapun yang menimbulkan kesadaran peran gender yang salah. Dukunglah agar anak dapat bertindak dengan mandiri. Dalam kehidupan sehari-hari, biarkan anak memilih dan memutuskan sendiri.

④ Bantulah anak Anda untuk dapat menghilangkan kebiasaan buruk dan menumbuhkan kebiasaan baik

Anak perempuan relatif membentuk bermacam-macam kebiasaan daripada anak laki-laki, namun tidak mudah memperbaiki kebiasaan begitu mereka dipelajarinya. Kebiasaan-kebiasaan dari bayi hingga masa kanak-kanak bisa mempengaruhi seumur hidupnya.

Jika kebiasaan buruk terlihat pada anak Anda, cobalah bersama-sama berusaha untuk bisa memperbaiki kebiasaan buruk tersebut terlebih dulu, sebelum kebiasaan buruk tersebut berkembang lebih banyak. Jika kebiasaan baik terlihat, seperti merapikan, ada baiknya Anda memuji perilakunya secara rinci.

Bantulah anak Anda sedari kecil untuk dapat memperbaiki perilaku kebiasaan buruk dan memperkuat kebiasaan baik.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?