MasukDaftarHalaman Saya
Kisah Ayah Bunda
7 Pikiran Untuk Kebahagiaan Seorang Ibu
Komentar 4
Dibaca 8946
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Anda ingin sekali memandang dunia secara positif, tetapi terkadang ada masa dimana Anda merasa terjatuh dan melihat semua hal secara negatif. Bagaimana cara menyampingkan perasaan ini? Jika ibu ingin bahagia, ada 7 hal yang Anda butuhkan.

1. Keadaan anak saat ini (sering menangis, agak lambat, rewel, kurang empati dsb.) pasti akan membaik, dan yakinilah pasti nantinya anak akan melewati jalannya sendiri. Hanya saja sekarang ini segala-galanya terasa berjalan secara perlahan. Anak akan tumbuh sesuai dengan kecepatan dirinya sendiri.

2. Yang lalu biarlah berlalu. Anda tidak dapat kembali ke masa lalu, karena itu lupakanlah. Walau sering terbesit kenangan-kenangan buruk dalam ingatan Anda, segera buang pikiran tersebut jauh-jauh.

3. Cukup lakukan satu hal yang dapat Anda lakukan sekarang. Jangan memaksakan diri untuk melakukan ini itu semuanya, tapi mulailah fokus melakukan satu hal saja. Fokuslah pada hal yang dapat Anda lakukan saat ini.

4. Anda harus terus-menerus mengobservasi dan menghargai karakter bawaan si kecil. Usahakan setidaknya memberikan sedikit pujian terhadap kelebihan dan hal yang anak kuasai, karena ini hal yang dapat membuat diri Anda merasa terpenuhi. Bantulah si kecil untuk meningkatkan kelebihan yang ia miliki dan memperbaiki kekurangannya untuk menjadi orang yang lebih baik.

5. Anda selalu mengutarakan pendapat Anda kepada suami (atau istri), tetapi sering berakhir dengan perdebatan dan pertengkaran, sehingga membuat Anda jadi merasa kesal dan makan hati sendiri. Pendapat dari dua orang tidak ada yang pasti cocok 100%. Hal yang terpenting yaitu Anda dan pasangan Anda saling menghargai satu sama lain.

6. Daripada memberikan sesuatu yang mewah kepada anak (misalkan, membelikan buku atau alat permainan yang mahal), sebaiknya berikan permainan dimana Anda setidaknya dalam sehari dapat menghabiskan waktu 10 menit untuk saling menatap, memeluk, dan membaca perasaan anak agar bermanfaat bagi tumbuh kembang buah hati Anda.

  • Seperti saat Anda menahan lapar seharian, tetapi berat badan tidak kunjung turun, hal-hal penting dalam hidup Anda pun belum tentu terjadi sesuai harapan dan keinginan Anda begitu saja. Seperti halnya Anda perlu berusaha mengatur pola makan dan berolahraga untuk menjaga berat badan, maka setiap hari Anda harus berusaha keras untuk meningkatkan hubungan Anda dan anak.

7. Apakah hal yang paling saya sukai? Hal apa yang dapat saya lakukan setiap hari untuk kebutuhan diri saya sendiri? Untuk membantu anak menjalani kehidupan yang hebat, Anda juga perlu membuat kehidupan Anda menjadi lebih hebat. Tidak harus hal yang luar biasa, tetapi lakukanlah hal ringan yang dapat dilakukan sehari-hari. Temukan sesuatu yang Anda cintai dan lakukan secara terus-menerus. Jika Anda sulit menemukannya, bacalah buku yang menarik atau bercakap-cakap dengan orang di sekitar Anda, lalu selalu lontarkan pertanyaan pada diri Anda sendiri sampai pada akhirnya, Anda pasti akan menemukan jawabannya.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.

nakohampir 3 tahun yang lalu
Sejalan dengan konsep jepang ikigai.

purnamartinhampir 3 tahun yang lalu
terimakasih chaisplay moodboster buat para orang tua❤️

Izzaansekitar 3 tahun yang lalu
Terimakasih chai, selalu bisa memberi motivasi❤❤ I feel better❤❤

namlindosekitar 3 tahun yang lalu
Terima kasih sarannya
Lihat komentar lain
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?