MasukDaftarHalaman Saya
Permainan Sehari-hari
Bingkai Alami
Dibaca 113
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Coba ajaklah si kecil bermain ke taman dekat rumah atau pergi hiking bersama-sama! Buatlah bingkai alami dari ranting-ranting yang telah dikumpulkan oleh anak, lalu seakan-akan membingkai semua pemandangan alam yang dilihat oleh anak. Dengan begitu, anak akan semakin tertarik dengan lingkungan alam dan menghargai makhluk hidup seperti tumbuhan.
Area perkembangan: Kognitif
Usia: 6 th
Bahan yang digunakan
Ranting pohon, tali/pita
Cara bermain

1. Pergilah jalan-jalan ke taman atau hiking bersama anak.
2. Kumpulkan ranting-ranting pohon yang sudah berjatuhan dan memiliki ukuran yang serupa.
3. Susunlah ranting-ranting tersebut membentuk segitiga dan segiempat, lalu ikat setiap sudut segitiga dan segiempat dengan tali yang ada, sehingga berubah menjadi bingkai ranting alami.
4. Ajaklah anak untuk membingkai setiap pemandangan alam yang dilihat olehnya dengan menggunakan bingkai yang sudah dibuat.
5. Katakan kepada anak bahwa tidak untuk mengambil/merusak benda alam secara sembarangan, lebih baik memotretnya dengan bingkai yang sudah dibuat.
6. Biarkan anak memotret (dengan mengarahkan posisi bingkai pada objek) tanah, bunga, rumput liar, serangga-serangga yang ditemuinya selama perjalanan.

Tips berdialog
Wah~ Sudah lama nggak jalan-jalan ke taman. Gimana kalau kita hari ini pergi ke taman?
Bagaimana kalau kita hari ini membuat bingkai dari ranting-ranting pohon?
Sekarang, coba Chai kumpulkan ranting-ranting yang sudah jatuh saja ya!
Chai mau membuat bingkai dengan bentuk apa?
Mau bentuk segiempat aja!
Kalau begitu, Bunda bantu ikatkan tali supaya jadi bentuk segiempat!
Hari ini kita akan memotret pemandangan alam dengan bingkai ini!
Chai maunya dibawa pulang aja!
Orang-orang mungkin hanya merasa kalau ini cuma setangkai bunga saja, tidak apa-apa kalau dipetik atau dibawa, tapi sebetulnya bunga juga makhluk hidup yang harus hidup di habitatnya.
Kalau gitu, nggak boleh petik bunganya ya Bun?
Betul sekali, nak! Makanya kita hari ini akan potret saja pakai bingkai yang sudah kita buat bersama!
Lalu, serangga-serangga itu tubuhnya dingin, sedangkan tangan manusia itu hangat. Kalau serangga disentuh oleh tangan manusia, bisa-bisa serangga merasa terbakar karena kepanasan. Jadi, kalau melihat serangga atau jangkrik, Chai harus ngapain?
Mmm, potret pakai bingkai aja!
Betul-betul~ Kalau Chai mau membantu serangga-serangga pindah ke tempat lain, Chai bisa sodorkan ranting pohon untuk bantu semutnya menyebrang. Nah, sekarang~ Yuk kita cari gambar-gambar yang bisa dipotret!
Tips bermain

# Aktivitas ini dapat membantu anak mengapresiasikan keindahan alam dan menghargai makhluk hidup.
Untuk melindungi alam, beritahukan kepada anak cukup dengan memotretnya dengan kamera atau dengan bingkai ranting miliknya.

# Jika anak ingin bermain dengan benda-benda alam, beritahukan kepada anak untuk tidak mengambil benda-benda yang masih hidup, tetapi ambillah benda-benda yang sudah mati atau berjatuhan di atas tanah.

Bahan pertimbangan
  1. Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
  2. Kecepatan tumbuh kembang setiap anak berbeda tergantung pada situasi masing-masing. Mungkin saat ini Anda memiliki kendala dalam menerapkan beberapa permainan yang ditawarkan. Karena itu, kami menyediakan tips permainan sebagai referensi stimulus aktif bagi tumbuh kembang buah hati Anda.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan permainan ini?