MasukDaftarHalaman Saya
Info Tumbuh Kembang
Seberapa Bertumbuhnya Anak Anda pada Usia 64 Bulan?
Dibaca 452
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Anak-anak akan terus bertumbuh. Percayalah kepada anak dan luangkan waktu bermain permainan yang memiliki aturan bersama anak! Ini akan bermanfaat bagi masa tumbuh kembang dan juga adaptasi belajar anak Anda.

* Menahan buang air selama waktu tidur

Bagi anak-anak yang terlambat lulus masa toilet training sekalipun, pada masa ini, mereka juga dapat mengontrol tubuhnya sendiri dengan baik, khususnya berkaitan dengan BAK/BAB. Anak sudah bisa menahan diri untuk tidak buang air selama waktu tidurnya. Anak mungkin masih melakukan kesalahan dan karena hal ini bersifat sementara, maka sebaiknya Anda tidak mengucapkan perkataan yang dapat melukai hatinya atau menyalahkannya.

* Menggunakan peralatan makan dengan baik

Memasuki usia 64 bulan atau 5 tahun, anak kini sudah bisa menggunakan sendok dan garpu dengan baik. Kadang di mata ibu, si kecil masih belum fasih. Tetapi, sebaiknya berikanlah kesempatan kepada anak untuk mencoba berusaha sendiri walaupun hanya hal kecil. Dengan begitu, ini dapat meningkatkan kemampuan anak menolong dirinya sendiri (self-help ability) dan kemampuan mengontrol motorik halusnya sendiri.

*Meminta maaf atas kesalahannya sendiri

Anak mulai mengerti konsep ‘maaf’ saat berada di dalam lingkungan sosialnya. Saat ia melakukan suatu kesalahan, anak mulai bisa untuk mengekspresikan perasaan bersalahnya dengan cara meminta maaf. Tentu saja, si kecil pasti akan bergelut dengan hatinya sendiri sampai ia bisa mengucapkan kata maaf. Tapi melalui proses ini, kemampuan sosial anak pun dapat berkembang lebih baik.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?