MasukDaftarHalaman Saya
Tips Permainan
Museum Seni Rumahku
Dibaca 1195
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Jika anak menginjak usia 3 tahun, rasa keingintahunya menjadi lebih besar dan ia mencoba permainan eksplorasi dengan bersemangat. Melalui mengeksplorasi lingkungan sekitar secara aktif, menumbuhkan kemampuan membedakan benda pada anak. Selain itu, kemampuan persepsi spasial (ruang) dari ruang disekitarnya berkembang. Permainan instalasi seni adalah cara yang efektif bagi seorang anak untuk melakukan pendekatan artistik terhadap ruang sekitar dan juga menumbuhkan sudut pandang yang kreatif pada anak. Cobalah untuk menarik daya imajinasi anak di luar kertas gambar.

Permainan instalasi seni adalah cara yang efektif bagi seorang anak untuk melakukan pendekatan artistik terhadap ruang sekitar dan juga menumbuhkan sudut pandang yang kreatif pada anak. Cobalah untuk menarik daya imajinasi anak di luar kertas gambar.

Pembinaan permainan: Tingkatkan kepekaan anak terhadap ruang melalui permainan instalasi seni

■ Lihat cara bermain instalasi sederhana (klik di sini)

1. Beritahukan bahwa semua benda memiliki unsur estetika

Pada usia 4 tahun, anak membentuk konsep ruang tentang lingkungan yang akrab disekitarnya. Buatlah ruang yang familiar bagi anak menjadi sebuah karya seni. Ini adalah permainan yang membuat anak merasakan dengan sensorinya bahwa tersembunyi unsur estetika pada semua benda dan ruang jika dilihat dari sudut yang sedikit berbeda.

2. Manfaatkanlah kelebihan dari seni instalasi

Seni instalasi adalah salah satu cara untuk mengekspresikan seni kontemporer sejak tahun 1970an. Ini adalah seni menggunakan tempat dan ruang menjadi sebuah karya seni.

Di dalam proses menyusun ruang, anak dapat secara aktif menggerakkan tubuh dan membantu menyaluarkan energi anak dengan sendirinya.

3. Temukan gambaran yang berhubungan dengan seni instalasi sebelum bermain

Ketimbang langsung memberinya benang dan selotip untuk menghias, buat anak Anda merasa penasaran dan tertarik dengan memperlihatkan gambar-gambar contoh seni instalasi .

Berbicara sambil melihat gambaran yang berhubungan dengan seni instalasi akan membantu memotivasi anak Anda.

4. Jika anak sudah mulai terbiasa, dorong anak Anda untuk menghias sendiri

Apapun itu, anak menganggap dirinya kompeten saat menyelesaikan sesuatu sendiri dan hal itu dapat mengembangkan harga dirinya. Ketika anak terbiasa dengan memotong dan menempelkan benang sendiri, berikan dorongan pada anak agar ia bisa melakukannya sendiri.

5. Perlunya memberikan apresiasi melalui foto atau video

Setelah menyelesaikan pekerjaan, apresiasi merupakan langkah penting. Apresiasi pada permainan yang dilakukan anak, memberi kehidupan pada karya anak. Melalui apresiasi, anak bisa memperluas imajinasi terhadap karya yang dibuatnya. Bagus juga merekam atau memotret permainan yang sulit seperti permainan seni instalasi untuk disimpan. Jika anak Anda mampu mengoperasikan kamera telpon gengam, cobalah mengapresiasi karya dengan memotret langsung dari berbagai sudut. Ini akan menjadi salah satu permainan yang mengasyikkan.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?