MasukDaftarHalaman Saya
Info Tumbuh Kembang
Perkembangan Janin Minggu Ke-19 Kehamilan Anda
Dibaca 721
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Lemak janin berkembang

Tubuh janin tumbuh seukuran labu yang sangat kecil. Lengan dan kaki janin tumbuh seimbang dengan keseluruhan tubuhnya

Selain itu, janin bermain dan bergerak lincah di dalam perut ibu.

[Ukuran janin Anda saat ini]

Taksiran besar: 14cm / Taksiran berat: 240g
(Angka ini hanya angka rata-rata dan mungkin berbeda pada setiap wanita!)

* Berkembangnya vernix caseosa (lemak pada kulit janin)

Vernix caseosa akan disekresikan oleh kulit janin. Lemak ini juga merupakan semacam dinding tahan air yang melindungi kulit janin basah terkena air ketuban.

Lemak yang sekarang berkembang ini adalah sejenis substansi lemak pada janin yang menyerupai keju, biasanya terlihat berwarna putih dan menempel pada kulit bayi yang baru lahir.

* Memproduksi getah lambung di usus

Sekarang janin cukup siap untuk melakukan fungsi organ tubuh di dalam usus. Getah lambung mulai diproduksi di usus janin dan getah lambung berperan menyerap cairan ketuban dan membantu mengirimkannya ke ginjal.

[Perubahan yang terlihat pada calon ibu]

Pada tubuh calon ibu, kelenjar susu berkembang sehingga payudara menjadi lebih besar untuk persiapan menyusui. Pada saat ini, penting untuk mengenakan pakaian dalam yang nyaman karena pakaian dalam yang Anda pakai sebelum Anda hamil dapat memberi tekanan, yang dapat mengganggu perkembangan kelenjar susu. Selain itu, penting untuk sesekali membersihkan puting susu dengan kain kasa lembut agar sekresi air susu ibu dapat keluar dengan lancar.

[Yang harus dilakukan!]

* Sebaiknya tidak mengangkat barang yang berat

Panggul Anda menjadi longgar untuk mempersiapkan kelahiran dan otot punggung dibebani lebih dari biasanya, sehingga mengangkat barang yang berat tidak baik karena memaksakan beban yang melampaui batas .

Mulai saat ini, penting untuk mendapatkan bantuan calon ayah sebisa mungkin saat ingin memindahkan barang-barang berat.

* Konsumsi suplemen kalsium melalui produk olahan susu

Kalsium masuk diperlukan terutama sejak trimester kedua dan trimester terakhir kehamilan, dan disimpan di tubuh ibu untuk menyusui.

Kalsium cukup ditambahkan melalui produk olahan susu seperti susu atau keju, dan baik juga menambah asupan kalsium melalui produk makanan seperti ikan tulang lunak, bayam, dll.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?