MasukDaftarHalaman Saya
Permainan Sehari-hari
Ada Berapa Jumlah Kaki Gurita Ini?
Dibaca 1540
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Berikanlah permainan yang dapat membantu anak menghitung jumlah secara langsung! Dengan memotong beberapa bagian karton tisu gulung, anak dapat mencoba merasakan penambahan jumlah suatu benda. Setiap memotong karton tisu gulung, sebutkanlah satu, dua, tiga dan ajak anak hitung bersama-sama jumlah kaki gurita. Ada gurita dengan 4 kaki, ada juga gurita dengan 10 kaki, dan buatlah gurita lainnya serta bandingkan jumlah kaki setiap gurita. Permainan ini dapat membantu anak mendapatkan pengalaman membuat bentuk yang sederhana dan juga dapat menambah pemahaman anak mengenai konsep angka.
Area perkembangan: Kognitif
Usia: 3 th
Bahan yang digunakan
Beberap karton tisu gulung. gunting
Cara bermain

1) Siapkan karton tisu gulung dan gunting.
2) Ceritakan kepada anak bahwa Anda dan anak akan membuat kaki gurita dengan cara memotong karton tisu gulung dengan gunting. Diskusikan terlebih dahulu jumlah kaki gurita yang ingin dibuat oleh anak, lalu sambil memotong karton tisu, hitunglah jumlah kaki gurita bersama-sama.
3) Buatlah beberapa buah gurita dengan jumlah kaki yang berbeda-beda dan bandingkanlah jumlahnya, serta jika kekuatan otot pada tangan anak sudah cukup kuat, mintalah anka untuk menggunting dan menghitung kaki gurita sendiri.

Tips berdialog
Bunda, bikinin gurita!
Boleh! Kalau begitu, Chai bisa memotong kaki guritanya sendiri? Bagusnya, berapa jumlah kaki gurita yang mau dibuat?
Tujuh!
Baiklah, yuk kita poton menjadi 7 kaki. Satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh! Wah, Chai sudah membuat gurita dengan 7 kaki!
Sekarang, Bunda tolong buatin gurita 10 kaki!
Tips bermain

Pada anak berusia 6 - 8 tahun, Anda dapat mengajaknya menjumlahkan semua kaki gurita yang telah dibuat atau menceritakan perbandingan setiap jumlah kaki gurita itu.

Bahan pertimbangan
  1. Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
  2. Kecepatan tumbuh kembang setiap anak berbeda tergantung pada situasi masing-masing. Mungkin saat ini Anda memiliki kendala dalam menerapkan beberapa permainan yang ditawarkan. Karena itu, kami menyediakan tips permainan sebagai referensi stimulus aktif bagi tumbuh kembang buah hati Anda.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan permainan ini?