MasukDaftarHalaman Saya
Permainan Sehari-hari
Semakin Besar Semakin Kecil
Dibaca 431
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Manfaatkan panci dan mangkuk yang ada di rumah untuk bermain menyusun urutan bersama si kecil! Ketika anak menyusun benda-benda berdasarkan urutan besar benda, maka pengetahuan anak mengenai konsep urutan dapat meningkat dan kemampuan anak mengontrol motorik kasar dan motorik halusnya pun dapat berkembang lebih baik.
Area perkembangan: Kognitif
Usia: 3-4 th
Bahan yang digunakan
Panci, mangkuk
Cara bermain

1. Tunjukkan beberapa panci dan mangkuk yang memilki besar yang berbeda-beda dan biarkan anak mengeksplorasinya.
- Lebih baik menggunakan mangkuk plastik yang tidak mudah pecah.
2. Biarkan anak menyentuh, mengetuk hingga terdengar suara dan merasakan sendiri bagaimana bentuk dan tekstur panci dan mangkuk.
3. Urutkan panci dan mangkuk dari ukuran yang terkecil sampai terbesar.
4. Mintalah anak menyusun panci terbesar di paling dasar dalam keadaan terbalik, lalu susunlah panci atau mangkuk di atasnya berdasarkan ukurannya yang semakin mengecil, seperti membuat menara.
5. Bongkar menara panci dan mangkuk, lalu jajarkan panci dan mangkuk dari ukuran yang paling besar sampai yang paling kecil.

Tips berdialog
Bunda sudah siapkan macam-macam mangkuk! Gimana kalau kita buat barisan mangkuk-mangkuk dari yang paling kecil sampai yang paling besar?
Ayo, Bun!
Semakin besar, semakin besar. Mangkuk-mangkuk yang semakin besar sedang berbaris!
Berbaris!!
Sekarang kita coba buat menara dari mangkuk-mangkuk ini, yuk?! Chai bisa membuat menara dari yang paling besar ditaruh di paling bawah sampai mangkuk yang paling kecil ada di paling atas?
Chai bisa, Bun?!
Bahan pertimbangan
  1. Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
  2. Kecepatan tumbuh kembang setiap anak berbeda tergantung pada situasi masing-masing. Mungkin saat ini Anda memiliki kendala dalam menerapkan beberapa permainan yang ditawarkan. Karena itu, kami menyediakan tips permainan sebagai referensi stimulus aktif bagi tumbuh kembang buah hati Anda.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan permainan ini?