MasukDaftarHalaman Saya
Pengasuhan Anak
Mencari Harta karun Buku
Dibaca 116
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagi bayi dan balita, ada baiknya menuntun mereka untuk menjadikan buku sebagai teman bermain. Namun terkadang, ada orangtua yang mulai membacanya langsung sebelum anak tertarik pada buku cerita. Ada baiknya jika anak tidak hanya membaca buku, tetapi juga bermain, mendengarkan, dan merasakan melalui buku.

Kami akan memperkenalkan permainan mencari harta karun buku yang baik bagi anak usia 3~4 tahun. Melalui proses mencari buku cerita dengan petunjuk dari pengambaran anak mengenai buku cerita tersebut, anak akan merasakan kelekatan dan keasyikan pada buku cerita bergambar. Selain itu, ini akan menjadi permainan membaca buku yang menarik yang menstimulasi persepsi ruang (spasial) dan kemampuan memecahkan masalah pada buah hati Anda.

★ Lihat terlebih dahulu permainan mencari harta karun buku (klik disini)

Pembinaan Permainan: Mengamati terlebih dahulu buku yang akan dicari, lalu menyembunyikannya bersama anak Anda

1. Gunakan buku cerita kesukaan anak Anda

Saat Anda bermain mencari harta karun buku, gunakanlah buku cerita yang sehari-harinya disukai si kecil. Jika itu adalah buku cerita kesukaan si kecil, maka ia akan memiliki gambaran akan buku cerita tersebut menurut versinya sendiri. Gunakan gambaran tersebut untuk bermain mencari harta karun buku yang menyenangkan. Melalui permainan ini, anak akan merasa lebih tertarik terhadap buku cerita.

2. Gambarkan gambaran buku cerita yang dipikirkan anak di peta

Anak akan membayangkan banyak hal, tentang tokoh utama dalam buku cerita, gambaran tentang latar belakang cerita, gambaran tentang ceritanya, dll. Dengan menggambarkan apa yang diimajinasikannya, anak dapat membangkitkan kreativitasnya. Cobalah untuk dapat dengan bebas mengekspresikan warna atau gambaran buku cerita yang dipikirkan anak di kartu gambar seukuran telapak tangan.

3. Lakukan permainan mencari harta karun di ruang yang anak sudah terbiasa.

Anak yang berusia 4 tahun, hanya bisa mengetahui benda yang berada di tempat yang anak sudah terbiasa dengan tempat tersebut. Selain itu, tidak mungkin bagi seorang anak untuk menyusun benda tersebut seperti pikiran orang dewasa, meskipun ruangan itu adalah ruangan yang dikenalinya. Sebaiknya ekspresikan peta dengan menitikberatkan pada perabotan atau mudah diingat oleh anak Anda.

4. Dalam proses memberikan petunjuk kepada orang lain, Anak dapat memahami konsep letak atau konsep ruang (spasial)

Sangat menyenangkan bagi seorang anak untuk menyembunyikan buku cerita yang ia sukai dan berharga baginya, lalu memberikan kuis kepada orang lain dan menunggu respon orang tersebut. Tentu saja, di mata ayah dan ibu, Anda tahu di mana buku cerita tersebut, namun, mintalah petunjuk pada anak Anda tentang lokasi di man buku cerita tersebut berada.

Dengan anak menjelaskan posisi buku cerita dengan bahasa, seperti di atas meja, di belakang kursi, dll, akan membantunya mengenal konsep letak dan konsep ruang (spasial).

5. Berikan dorongan dan pujian setelah bermain

Sebaiknya berikan dorongan yang besar pada anak Anda setelah Anda menemukan buku cerita yang telah disembunyikan oleh anak Anda. Katakanlah, "Ayah susah nih cari buku yang disembunyikan Chai, tapi sangat seru, benar-benar terasa seperti bajak laut yang mencari harta karun ya?". Anak dapat mengembangkan harga diri dan kepercayaan dirinyaa jika ia mendengar perkataan bahwa aturan dan struktur permainannya diakui.

Bahan pertimbangan
Konten Chai's Play tidak hanya terbatas diterapkan oleh ibu saja. Ayah, anggota keluarga lain, pengasuh dan para pendidik PAUD bisa mempraktikkannya juga.
Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.
Copy link
Bagaimana dengan konten ini?