성장교실은 차이의 놀이 앱에서 열람 가능한
프리미엄 유료 콘텐츠 입니다.
로그인회원가입주문배송조회마이페이지
Menyusu di Tengah Malam yang Berlebihan dapat Mengganggu Pembentukan Pola Tidur yang Baik
식습관
만 0세
Menyusu dan tidur yang merupakan aktivitas bayi yang saling berkesinambungan. Jika bayi hanya beradaptasi dengan salah satu aktivitas saja, maka bisa jadi bayi akan sulit terbiasa dengan aktivitas lainnya.

Menyusu merupakan pengalaman misterius yang mengingatkan si kecil saat ia masih berada di dalam janin

Perut bayi yang kecil membuat bayi menyusu dengan jumlah yang sedikit tetapi sering dilakukan. Seiring masa pertumbuhannya, perut bayi pun akan semakin membesar dan ritme tidurnya pun semakin stabil sehingga jarak antar waktu menyusu pun semakin panjang.

Tapi, jika bayi terlanjur terbiasa menyusu pada waktu yang sama dan menyusu di malam hari, maka akan sulit mengubah kebiasaan tersebut.

Karena menyusu di malam hari dapat mengganggu kualitas tidur, maka saat waktunya tiba, bantulah si kecil untuk perlahan-lahan berhenti menyusu di malam hari.

Mengapa menyusu di tengah malam perlu dihentikan?

1. Dapat mengganggu kenyamanan tidur

Ketika bayi sudah memiliki bioritme dimana ia mampu tidur dengan pulas, maka perkembangan pola tidur dan pertumbuhan area perut bayi haruslah seimbang supaya mendukung masa tumbuh kembang bayi.

Biasanya, saat memasuki masa berhenti menyusu di malam hari, bayi mulai bisa makan dan mencerna makanan dengan cukup di siang hari, serta bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Karena itu, menyusu di malam hati merupakan faktor terbesar dalam menganggu waktu tidur bayi.

2. Pola makan terganggu

Sekarang, menyusu di tengah malam sudah tidak dianggap sebagai kebutuhan tapi cenderung sebagai kebiasaan bayi saja yang mana dapat mempengaruhi waktu makan di hari berikutnya.

Ini juga bisa menjadi faktor yang dapat melemahkan sistem pencernaan bayi. Pada masa MPASI, kebiasaan ini bisa menyebabkan si kecil kehilangan semangat dan minat terhadap makanannya, padahal seharusnya bayi mulai mencicipi berbagai jenis makanan.

3. Memicu kerusakan pada gigi bayi

Ketika memasuki masa tumbuh gigi, sisa ASI yang menempel pada gigi akibat menyusu di malam hari berpotensi memicu kerusakan gigi.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan gigi susu akan mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen anak, karena ini perawatan gigi susu sangatlah penting.

Berhenti kebiasaan menyusu di tengah malam merupakan perubahaan yang besar bagi anak, karena itu berikanlah waktu yang cukup hingga anak dapat terbiasa.

Jika Anda berencana menghentikan kegiatan menyusu di tengah malam, sebaiknya Anda tidak terburu-buru, tapi mulailah membuat rencana yang matang.

Temukan tips pendidikan dan kurikulum permainan yang informatif untuk membantu si kecil berhenti menyusu di tengah malam secara alami.

- 콘텐츠 목록 -
Menyusu di Tengah Malam yang Berlebihan dapat Mengganggu Pembentukan Pola Tidur yang Baik
밤중 수유 끊어야 하는데 매일 실패하네요
Tips pengasuhan
밤중 수유 끊기 단계별 플랜
Kurikulum permainan
수면 습관을 만들어요
[Permainan pemanasan]
조금씩 더 먹어요
[Tahapan permainan 1]
수유에 집중해요
[Tahapan permainan 2]
배불리 먹고 자요
[Tahapan permainan 3]
밤 수유 양을 줄여요
[Tahapan permainan 4]
보리물을 마셔요
[Tahapan permainan 5]
엄마가 꼭 안아줘요
[Tahapan permainan 6]
심하게 우는 아기 - 공갈젖꼭지를 물어요
[Permainan situasi]
아빠랑 자장가 들어요
[Permainan Ayah 1]
아빠가 토닥여줘요
[Permainan Ayah 2]