성장교실은 차이의 놀이 앱에서 열람 가능한
프리미엄 유료 콘텐츠 입니다.
로그인회원가입주문배송조회마이페이지
Anak yang Tidak Suka Permainan Sensorik, Bagaimana Sebaiknya?
발달놀이
만 1세
Perkembangan sensorik sangat penting untuk si kecil yang sedang sibuk-sibuknya mengamati dunia! Bantulah anak untuk semakin akrab dengan permainan sensorik.

Inti dari permainan sensorik adalah untuk membuat anak menikmati dan menyukai stimulasi yang didapat oleh panca indera anak.

Ketika jaringan otak yang menentukan kecerdasan anak sedang berkembang dengan aktif, jaringan sinapsis akan menguat ketika otak bekerja dan diberi stimulus secara terus menerus.

Sebaliknya, sinapsis otak yang tidak digunakan, perlahan akan hancur dengan sendirinya. Karena itulah, stimulasi merata untuk organ sensorik anak sangatlah penting, untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

Tetapi bagaimana jika anak Anda menghindari permainan sensorik? Saatnya mencari tahu mengapa anak Anda enggan, dan menemukan cara untuk membantunya menikmati aktivitas-aktivitas tersebut.

Mengapa permainan sensorik penting di periode ini?

1. Anak mempelajari dunia dengan panca inderanya

Anak-anak dilahirkan dan mulai memahami dunia melalui pengalaman-pengalamannya yang dirasakan oleh organ-organ sensoriknya. Permainan yang menstimulasi panca indera (permainan sensorik), dapat membangkitkan indera perasa, penglihat, pendengar, pencium, dan peraba anak, sehingga pengalamannya semakin kaya.

2. Membantu perkembangan otak

Kapan dan bagaimana otak anak menerima stimulus, jauh lebih penting daripada memberinya stimulasi sebanyak-banyaknya. Ada periode sensitif dan kritis untuk perkembangan otak, dan saat ini adalah waktu terbaik untuk mengembangkan otak anak. Itulah mengapa sangat penting untuk menerapkan beragam permainan sensorik pada waktu yang tepat agar panca indera anak terstimulasi secara merata.

3. Beradaptasi dengan lingkungan baru

Pengalaman baru memberi anak kemampuan untuk menyesuaikan tubuh mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan yang tidak dikenal. Permainan sensorik adalah cara unik untuk bermain dengan materi dan media permainan, sehingga anak menerima stimulus baru setiap kali ia bermain. Dengan alamiah, kecerdasan sensorimotor anak akan berkembang dengan aktif. Dalam jangka panjang, anak Anda dapat lebih mudah menerima dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Daripada hanya meniru dan ikut-ikutan apa yang dimainkan oleh anak lain, penting untuk melakukan permainan sensorik yang tepat untuk anak Anda, sambil memahami dan menghargai temperamen dan karakteristiknya.

Jika Anda ingin mempraktikkan berbagai rangsangan panca indera yang terkait erat dengan tumbuh kembang si kecil, silakan coba tips pengasuhan dan kurikulum permainan sensorik kami untuk menemukan aktivitas apa yang paling cocok untuk buah hati Anda!

- 콘텐츠 목록 -
Anak yang Tidak Suka Permainan Sensorik, Bagaimana Sebaiknya?
아이가 오감 놀이를 싫어해요. 굳이 해줘야 할까요?
Tips pengasuhan
우리 아이, 예민한 감각을 다독여주는 놀이
Kurikulum permainan
바구니에 옮겨 담아요
[Permainan sensorik 1]
오감 주머니를 건드려요
[Permainan sensorik 2]
숟가락 두부 난타
[Permainan sensorik 3]
케첩 그림 그리기
[Permainan sensorik 4]
밀가루를 톡톡!
[Permainan sensorik 5]
엄마 손가락을 쏙!
[Permainan sensorik 6]
치발기로 두들겨요
[Permainan sensorik 7]
튀밥 속 장난감 찾기
[Permainan sensorik 8]
브러시 빗 마사지
[Permainan sensorik 9]
모래 위에 끼적여요
[Permainan sensorik 10]